OBAT SAKIT GIGI UNTUK ANAK ANDA

OBAT SAKIT GIGI UNTUK ANAK

Sakit gigi merupakan suatu penyakit yang sudah sering kita dengar. Bahkan, hampir semua orang pasti pernah merasakannya. Mulai dari orang dewasa sampai anak –anak bisa terserang penyakit yang satu ini.

Jika anak terserang sakit gigi, biasanya orang tua langsung memeriksakannya ke dokter gigi. Tetapi pada kenyataanya, anak yang sakit gigi tidak selalu harus pergi ke dokter gigi. Para orang tua juga bisa mengobati sendiri sakit gigi pada anak dengan bahan-bahan dan perawatan yang alami di rumah.

Perawatan :

Inilah beberapa perawatan alami yang bisa diberikan oleh orang tua untuk mengobati sakit gigi pada anak :

  • Berkumur menggunakan air hangat. Kemudian, bersihkan sisa-sisa makanan atau plak yang menempel dan terselip pada gigi menggunakan benang gigi.
  • Teteskan minyak cengkeh pada kapas kecil. Lalu, tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Cara ini digunakan untuk memberikan efek mati rasa pada anak.
  • Kompres area pipi yang sakit akibat terkena efek dari sakit gigi dengan air dingin .

Selain memberikan beberapa perawatan tersebut, ada baiknya untuk mengobati rasa sakit pada gigi dengan bahan-bahan yang alami.

Pengobatan :

Berikut beberapa bahan alami yang bisa diberikan oleh orang tua untuk mengobati sakit gigi pada anak, yaitu :

Madi bisa digunakan untuk obat sakit gigi

  • Madu

Madu merupakan cara alami yang ampuh untuk mengobati sakit gigi pada anak. Madu memiliki rasa manis dan sedikit asam, rasanya yang nikmat akan membuat anak suka mengonsumsinya. Caranya cukup mudah, yaitu, dengan mencampur satu sendok madu ke dalam satu gelas air hangat. Lalu aduk hingga merata. Kemudian, gunakan untuk berkumur. Agar proses pengobatan semakin cepat, oleskan madu pada gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit.

Jahe tanaman obat

Jahe image by Pixzabay

  • Jahe

Jahe memiliki kandungan antibakteri yang dapat berfungsi untuk mematikan bakteri dalam mulut. Oleh karena itu, jahe kerap dijadikan sebagai obat sakit gigi. Caranya cukup sederhana yaitu dengan memarut satu buah jahe. Kemudian, campurkan parutan jahe tersebut dengan air. Peras parutan jahe yang telah dicampur air tadi lalu gunakan untuk berkumur.

  • Garam

Garam memiliki kandungan yodium yang mampu mengobati sakit pada gigi. Sehingga, cara ini terbukti efektif untuk meredakan rasa nyeri pada gigi. Larutkan satu sendok makan garam ke dalam satu gelas air hangat. Gunakan air garam ini untuk berkumur sampai habis. Berkumurlah secara rutin minimal dua kali sehari.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri pada gigi. Cukup panaskan terlebih dahulu minyak kelapa murni. Selagi hangat oleskan pada gigi yang sakit. Lakukan cara ini secara rutin sampai rasa sakit pada gigi menghilang.

  • Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh selain sering digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata bisa juga digunakan utuk mengobati sakit gigi. Teteskan minyak cengkeh pada kain kassa yang telah digulung sampai kecil. Setelah itu, selipkan pada bagian gigi yang sakit. Hati-hati dalam menggunakan cara yang satu ini. Pastikan kain kassa tidak tertelan.

  • Cengkeh

Selain minyak cengkeh, ternyata buah cengkeh sendiri juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya adalah dengan menumbuk halus buah cengkeh kemudian menempelkannya pada gigi yang sakit.

  • Asam Jawa

Asam jawa juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi. Kandungan antiseptic alaminya bisa membunuh kuman dan bakteri yang ada dalam mulut. Caranya dengan menyangrai biji asam jawa lalu menempelkannya pada bagian gigi yang sakit.

  • Biji Alpukat

Menggunakan biji alpukat untuk mengobati sakit gigi memang jarang dilakukan. Namun, cara yang satu ini dinilai ampuh untuk mengobati sakit gigi. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba cara yang satu ini. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan biji alpukat. Lalu, letakkan pada permukaan gigi yang sakit dan tekan selama beberapa saat. Setelah selesai, bersihkan gigi sampai sudah tidak ada lagi sisa remah-remah biji alpukat yang menempel pada gigi.

Jeruk nipis

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis dipercaya sebagai obat anti inflamasi dan anti radang. Ada dua cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan jeruk nipis sebagai obat sakit gigi. Cara pertama yaitu dengan mencampurkan air hangat dengan air perasan jeruk nipis. Lalu, gunakan untuk berkumur. Cara yang kedua adalah dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis pada gigi yang sakit. Lakukan cara ini secara rutin sampai tidak lagi merasa sakit. Pastikan kondisi perut kenyang agar rasa asam dari jeruk nipis tidak membuat lambung terasa perih.

  • Bawang Putih dan Bawang Merah

Senyawa antiseptic yang dimiliki oleh bawang putih dan bawang merah terbukti mampu mengobati sakit pada gigi. Untuk memanfaatkannya bisa dengan cara menghaluskan bawang putih atau bawang merah kemudian menempelkannya pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit. Lalu, bersihkan dan berkumur dengan air hangat yang telah dicampur dengan sedikit garam.

  • Kompres dengan Air Dingin

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit gigi pada anak yaitu dengan mengompres menggunakan air dingin. Cara ini dinilai cukup mudah dan ampuh untuk mengobati sakit pada gigi. Ambil es batu berukuran kecil kemudian balut dengan kain atau handuk kecil. Setelah itu, kompres pada bagian pipi yang terkena efek sakit gigi. Lakukan hal ini sambil memijat secara perlahan pada area yang pipi yang sakit sampai kondisi semakin membaik.

  • Lemon

Air perasan lemon ini dipercaya ampuh untuk mencegah radang dan rasa nyeri akibat sakit gigi. Cara mengolahnya pun cukup sederhana. Pertama, ambillah lemon yang sudah dibersihkan. Iris lemon tersebut dan peras hingga keluar airnya. Kemudian, teteskan air perasan lemon tadi pada bagian gigi yang sakit. Selain itu, air perasan lemon ini juga dapat digunakan untuk berkumur. Caranya, campurkan air perasan lemon dengan air hangat. Lalu, mulailah berkumur. Lakukan cara ini secara rutin sampai rasa sakit pada gigi berangsur menghilang.

  • Belimbing Wuluh

Rasa asam pada belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang sangat efektif untuk membasmi bakteri dan kuman dalam mulut. Cara pengolahannya cukup mudah yaitu dengan menumbuk halus 2 buah belimbing wuluh yang belum matang. Kemudian, oleskan tumbukan belimbing wuluh ini pada bagian gigi yang sakit.

  • Batang Sereh

Batang sereh memiliki kandungan yang dapat mematikan bakteri penyebab sakit gigi. Oleh karena itu, tidak heran jika batang sereh sering dijadikan sebagai obat sakit gigi. Panaskan batang sereh dengan minyak goreng sampai batang sereh terasa hangat. Kemudian, angkat dan tiriskan. Gigit batang sereh yang sudah hangat tersebut selama beberapa saat.

Jika semua perawatan dan pengobatan dengan bahan-bahan alami tersebut belum berhasil meredakan sakit gigi pada anak, ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter gigi. Pemeriksaan ke dokter gigi ini dilakukan agar anak mendapat perawatan yang intensif untuk penyembuhan sakit pada gigi.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar