Inilah Cara Menghilangkan Jerawat Beserta Noda Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

Beserta Noda Bekas Jerawat

 

Semua orang pasti pernah mengalami jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit yang bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari yang muda hingga dewasa. Masalah kulit yang satu ini pasti sangat menyebalkan.

Selain susah untuk dihilangkan, jerawat juga meninggalkan noda bekas yang berwarna kecokelatan, kehitaman atau kemerahan. Jerawat maupun noda bekasnya sama-sama sulit untuk dihilangkan. Tapi jangan khawatir, karena di bawah ini akan di bahas beberapa cara dan perawatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat beserta noda bekas jerawat. Langsung simak berikut ini ya…

  • Daun Pepaya

Daun pepaya ternyata tidak hanya berguna untuk menyehatkan tubuh. Daun pepaya ternyata juga memiliki khasiat lain yaitu membersihkan jerawat dan bekasnya. Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk daun pepaya. Lalu, campur dengan air bersih. Peras dan ambil sarinya. Kemudian, diamkan selama dua jam untuk mendapatkan endapannya. Aplikasikan endapan daun pepaya tersebut sebagai masker dan diamkan sampai 25 menit. Setelah selesai, bilas dengan air dingin.

  • Jagung muda

Jagung kaya akan vitamin A. Hal ini membuat jagung muda dapat dijadikan masker yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Selain itu, masker jagung muda ini juga bisa mencerahkan kulit wajahmu. Caranya sangat mudah yaitu dengan memarut jagung muda yang berukuran kecil hingga halus. Kemudian, aplikasikan pada seluruh area wajah sampai 20 menit. Bilaslah dengan air dingin setelah selesai menggunakan masker ini.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa mampu mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat pada kulit wajah. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit sehingga kulit menjadi lembut, halus, dan ebas dari bekas jerawat. Untuk menggunakannya cukup teteskan minyak kelapa pada jari lalu usapkan pada bekas jerawat. Diamkan sampai lebih dari 10 menit dan bilas dengan air bersih.

  • Tomat

Ternyata selain baik untuk dikonsumsi, tomat juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan dan menyamarkan noda bekas jerawat. Selain itu, kandungan likopen pada buah tomat mampu mengencangkan kulit. Untuk menggunakannya, cukup siapkan satu buah tomat, isris tipis-tipis. Tempelkan irisan tomat pada wajah dan tunggu beberapa saat. Bersihkan wajah setelah mengaplikasikannya.

  • Putih Telur

Putih telur bisa di coba untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara penggunaanya yaitu cukup aplikasikan putih telur pada bagian jerawat dan diamkan selama 10-15 menit. Perlu diingat untuk tidak menggerakkan wajah agar putih telur tidak retak dan tidak merusak kulit pada bagian wajah lainnya.

  • Madu

Madu sudah terkenal dengan segudang manfaatnya dalam dunia kecantikan. Termasuk menghilangkan bekas jerawat juga merupakan salah satu khasiat madu. Oleskan madu pada wajah lalu pijat dengan gerakan melingkar. Tunggu hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Pastikan untuk menggunakan madu asli atau madu organic untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Bawang Merah

Bawang merah selain bisa digunakan sebagai bumbu dapur ternyata memiliki khasiat menghilangkan jerawat. Kandungan antimikroba pada bawang merah mampu melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah. cara penggunaannya cukup mudah, parut bawang merah lalu peras untuk diambil sarinya. Usapkan sari bawang merah tersebut pada bagian jerawat. Tunggu beberapa saat hingga meresap sempurna. Bersihkan wajah dengan air bersih setelah selesai menggunakannya.

  • Lidah buaya

Lidah buaya atau yang lebih dikenal dengan aloe vera dapat menyamarkan noda bekas jerawat. Zat aloesin pada aloe vera terbukti ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Caranya cukup sederhana, ambil daging lidah buaya lalu haluskan. Aplikasikan sebagai masker pada wajah selama 20 menit agar terserap dengan baik ke dalam kulit wajah. bersihkan wajah dengan air bersih setelah memakainya. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  • Kunyit

Kunyit ternyata bisa digunakan untuk membersihkan jerawat dan noda bekasnya. Sifat antiseptic dan antiinflamasi yang ada pada kunyit bisa menghilangkan jerawat sekaligus membersihkan noda hitam bekas  jerawat. Cukup menumbuk halus kunyit lalu mencapurnya dengan air. Gunakanlah sebagai masker selama beberapa saat. Bilas wajah dengan air bersih setelah selesai mengaplikasikannya.

  • Timun

Vitamin A, vitamin C, serta magnesium yang ada dalam timun mampu menghidrasi wajah, menghilangkan warna kemerahan pada wajah yang diakibatkan oleh jerawat, dan juga dapat menyegarkan wajah. Siapkan timun dan iris tipis-tipis. Letakkan irisan timun tersebut di seluruh wajah dan tunggu sampai 30 menit. Bersihkan wajah setelah memakainya.

  • Lemon

Vitamin C pada lemon terbukti dapat mencerahkan wajah sekaligus memudarkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, juga ada kandungan AHA yang bisa merevitalisasi kulit wajah. tidak cukup sampai disitu lemon juga memiliki efek menghilangkan minyak  yang berlebih pada wajah. Untuk menggunakannya peraslah lemon lalu ambil sarinya. Usapkan air perasan lemon pada wajah sampai kurang lebih 15 menit lalu bilas wajah dengan air. Setelah menggunakan masker lemon ini, ada baiknya untuk memakai pelembab wajah agar hasilnya semakin maksimal.

Nah…itulah tadi cara-cara menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat dengan bahan-bahan alami. Sekarang akan dibahas beberapa alternatif cara yang lain untuk menghilangkan jerawat dan noda bekasnya. Ada cara apa aja ? Langsung simak berikut ini ya…

  • Krim Wajah dan Produk Kecantikan Lainnya

Sebagian orang lebih memilih menggunakan krim wajah untuk membersihkan jerawat dan noda bekas jerawat. Meskipun terlihat lebih cepat, penggunaannya juga harus tetap rutin dilakukan selama beberapa waktu. Tetapi kenyatannya, tidak semua krim wajah bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat.

 

Krim yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat beserta noda bekas jerawat adalah krim yang mengandung kombinasi salicylic acid, topical hydroquinone, dan topical tretinoin. Kombinasi tersebut mampu mencerahkan bekas jerawat yang gelap.

Bahan lainnya yang disarankan untuk menghilangkan jerawat beserta noda bekasnya yaitu vitamin C dan kojic acid.  Kombinasi ini disarankan untuk menangani bekas jerawat yang menghitam.

Selalu pastikan untuk menggunakan produk-produk kecantikan dengan bahan yang aman untuk meminimalisir adanya efek samping yang merugikan bagi kulit wajah. Efek samping yang sering terjadi pada kulit wajah seperti, gatal, iritasi kulit, bahkan sampai ketergantungan dengan krim wajah yang digunakan. Jika sudah muncul beberapa efek samping yang merugikan tersebut, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang ahli dalam bidangnya dan menghentikan penggunaan produk-produk kecantikan.

  • Chemical Peeling

Perawatan wajah yang satu ini memiliki fungsi untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati yang menutupi permukaan wajah. prosedur chemical peeling dilakukan dengan menggunakan larutan kimia yang bersifat asam pada noda bekas jerawat di permukaan wajah. Larutan kimia ini akan menyebabkan kulit mengelupas dan akhirnya tergantikan dengan kulit yang baru. Sehingga kulit menjadi lebih halus, tanpa kerutan, dan tentunya lebih sehat.

Pastikan untuk melakukan perawatan chemical peeling ini pada tempat yang benar dan dilakukan oleh orang yang professional dan ahli dalam bidangnya. Pastikan untuk mendapat perawatan yang baik dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Obat Tetes Mata

Obat tetes mata bisa membersihkan jerawat dan noda bekasnya ?? Terdengar aneh ya…. . Ya cara ini memang terdengar aneh karena masih sangat jarang dilakukan tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang bisa membantu menghilangkan warna kemerahan pada jerawat. Caranya sangat mudah, cukup teteskan obat tetes mata pada kapas secukupnya. Simpanlah kapas itu ke dalam freezer dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, letakkan kapas tersebut di atas jerawat selama beberapa menit. Setelah selesai, bersihkan wajah dengan air.

  • Makeup

Jika jerawat dan noda bekasnya tidak kunjung hilang, makeup juga bisa digunakan untuk menutupi jerawat dan noda bekas jerawat. Makeup yang sering digunakan untuk menutupi jerawat dan noda bekas jerawat contohnya, conclear dan bedak tabur tipis.

Tapi, tidak semua makeup bisa digunakan untuk menutupinya. Pilihlah makeup yang tidak mengandung minyak dan noncomedogenic. Sangat disarankan untuk memilih makeup yang mengandung silica, titanium doiksida, dan zinc oksida. Bahan-bahan tersebut terbukti tidak akan mengiritasi kulit, sangat efektif menghilangkan minyak berlebih dari kulit, serta menutupi warna kemerahan karena bekas jerawat.

Itulah tadi cara-cara alami dan berbagai macam perawatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat. Pastikan untuk memilih cara dan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit. Yang terpenting rutinlah mengaplikasikannya selama beberapa waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan.

Segera dicoba yuk ! Semoga bermanfaat

 

Tinggalkan komentar